Sabtu, 27 November 2010

manusia dan tanggung jawab

setiap apa yang manusia lakukan pasti akan diminta pertanggung jawabanya, entah pertanggung jawaban masalah duniawi mapun pertanggung jawaban di akhirat nanti. tidak ada manusia yang tidak mempunyai tanggung jawab. dan pengertian tanggung jawab itu sendiri adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau. Tanggung jawab mempunyai kaitan yang sangat erat dengan perasaan. Yang kami maksud adalah perasaan nurani kita, hati kita, yang mempunyai pengaruh besar dalam mengarahkan sikap kita menuju hal positif

Tanggung jawab bisa dikelompokkan dalam dua hal.
- Pertama, tanggung jawab individu terhadap dirinya pribadi. Dia harus bertanggung jawab terhadap akal(pikiran)nya, ilmu, raga, harta, waktu, dan kehidupannya secara umum. Rasulullah bersabda: "Bani Adam tidak akan lepas dari empat pertanyaan (pada hari kiamat nanti); Tentang umur, untuk apa ia habiskan; Tentang masa muda, bagaimana ia pergunakan; Tentang harta, dari mana ia peroleh dan untuk apa ia gunakan; Tentang ilmu, untuk apa ia amalkan."

- Kedua, tanggung jawab manusia kepada orang lain dan lingkungan (sosial) di mana ia hidup. Kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluq yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya untuk pengembangan dirinya. Dengan kata lain, ia mempunyai kewajiban-kewajiban moral terhadap lingkungan sosialnya. Kewajiban sangat erat kaitannya dengan eksistensi seseorang sebagai bagian dari masyarakat. Kita sadar bahwa kalau kita tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap orang lain, tidak pantas bagi kita menuntut orang lain untuk bertanggung jawab pada kita. Kalau kita tidak berlaku adil pada orang lain, jangan harap orang lain akan berbuat adil pada kita.

contoh dari sikap tanggung jawab :
- jika seorang ayah tidak melakukan tanggung jawabnya mencari nafkah,maka keluarganya akan sengsara
- seorang anak bertanggung jawab atas segala tugas - tugasnya sebagai anka, pelajar, dan lain - lain
- tanggung jawab seorang ibu adalah mendidik anak, mengurus kebutuhan rumah
- tanggung jawab pelajar adalah belajar dengan tekun, menaati peratuan yang ada di sekolah.
- dll

Dengan kita bertanggung jawab,kita akan dipercaya orang lain,selalu tepat melaksanakan sesuatu,mendapatkan hak dengan wajarnya. Seringkali orang tidak melakukan tanggung jawabnya,mungkin di sebabkan oleh hal hal yang membuat orang itu lebih memilih melakukan hal di luar tanggung jawabnya.Sebagai contohnya,seorang pelajar mempunyai tanggung jawab belajar,sekolah,tapi karena ada game/ajakan teman yang tidak baik untuk bolos sekolah,maka seorang anak itu bisa saja melalaikan tanggung jawabnya untuk bermain/bolos sekolah. Jika kita melalaikan tanggung jawab,maka kualitas dari diri kita mungkin akan rendah.Maka itu,tanggung jawab adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan,karena tanggung jawab menyangkut orang lain dan terlebih diri kita.

tanggung jawab dengan pengorbanan berbeda, pengorbanan itu adalah hal yang kita korbankan demi diri kita ataupun untuk orang lain.

contoh pengorbanan:
- kita mengorbankan jam tidur kita untuk kuliah pagi, walaupun kita tidak rela tapi harus dilakukan karena adan tanggung jawab yang harus dijalani.
- kita mengorbankan pakaian kita untk disumbangkan ke korban bencana alam

jadi intiya manusia melakukan pengorbanan untuk mengerjakan tanggung jawab dan mendapatkan hak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar