Sabtu, 20 November 2010

manusia dengan penderitaan

Manusia dengan penderitaan agaknya sudah tidak asing lagi untuk kita dengar karena manusia sangat berhubungan dengan penderitaan, setiap manusia pasti mempunyai penderitaan entah itu penderitaan dalam hati maupun penderitaan masalah kehidupan. Mungkin ada yang bertanya - tanya apakah penderitaan dengan siksaan sama? sekarang saya akan coba menjelaskan perbedaan penderitaan dengan siksaan.

PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.

SIKSAAN
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rokhani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah penderitaan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penderitaan terjadi karena ada siksaan dari lingkungan luar, siksaan bukan berarti dengan kekerasan tapi siksaan bermacam - macam seperti : siksaan dengan kekerasaan, siksaan hidup didunia yang begitu keras, siksaan karena hati. Dan berbagai macam - macam siksaan itu dapat menimbulkan penderitaan. Penderitaan dapat mengakibatkan seseorang menjadi stres karena terlalu berat menanggung penderitaan yang terlalu berat sehingga orang tersebut sampai - sampai tidak bisa mengeluarkan isi penderitaan dia tersebut. 

Contoh - contoh penderitaan yang ada di manusia:
- kekerasan dalam rumah tangga
- kehidupan yang sulit pada saat ini
- putus cinta
- tidak mendapat pekerjaan
- susahnya mencari uang
- keluarga yang tidak harmonis
- keluarga yang broken home
- dan seterusnya
itulah contoh - contoh penderitaan yang ada pada manusia, mungkin penderitaan bisa dihilang kan dengan cara refresing, curhat dengan orang, atau datang ke psikolog.

1 komentar:

  1. terkait masalah ini,mungkin ada persamaan yang signifikan antara penderitaan dan siksaan,nah karena itu saya ingin menanyakan kepada anda selaku psikolog.bgaimana cara mengurangi ataupun menghilangi perasaan yang kita miliki terhadap orang lain?thanks.

    BalasHapus