Minggu, 31 Oktober 2010

manusia dengan kesusastraan

manusia adalah makhluk hidup yang yang paling sempurna. untuk menjadi manusia yang baik harus mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan sastra. setelah mempelajari semua itu manusia harus mempertanggung jawab kan semua yang sudah mereka punya.
pada kali ini saya akan membahas hubungan manusia dengan sastra. yang termasuk sastra adalah bahasa, seni, dan budaya.

didalam sastra, manusia sangat berperan penting karena bahasa dan seni yang melakukan manusia. sehari - hari manusia melakukan komunikasi dengan bahasa berarti secara tidak langsung manusia selalu berhubungan dengan sastra. sastra juga lebih mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran yang abstrak. sementara itu filsafat yang juga mempergunakan bahasa adalah abstraksi. cinta kasih, kebahagian, kebebasan. dan yang lain nya yang berhubungan dengan filsafat bersifat abstraksi.

ilmu budaya dasar juga berhubungan dengan sastra, karena didalam sastra terdapat budaya - budaya negara, didalam sastra mempelajari budaya, bahasa, seni negara. hubungan ilmu budaya dasar dengan prosa. prosa biasa disebut dengan cerita, fiksi dan lain - lain.

dalam sastra ibd dapat digabungkan melalui:
- bahasa
- agama
- seni
- kesusastraan

demikian lah yhubungan manusia, ibd dan sastra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar