Kamis, 28 Oktober 2010

Ilmu Budaya Dasar

ilmu didalam bahasa arab berarti memahami dan mengerti sehingga ilmu adalah seluruh usaha sadar yang dilakukan manusia untuk memahami, menemukan, dan meningkatkan pemikiran dan pemahaman manusia.

budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dimiliki bersama oleh kelompok orang dan diwariskan atau diterapkan dari generasi kegenerasi. budaya terbentuk dari banyak unsur yaitu agama, norma, politik, ras, bahasa, seni yang terdapat disuatu daerah tersebut budaya juga disebut sebagai pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

dasar adalah suatau landasan untuk mencapai sesuatu yang di ingginkan, kalau melakukan sesuatu tanpa tidak ada dasarnya maka apa yang dikerjakan oleh kita akan menjadi sia - sia.

sehingga ilmu budaya dasar adalah seluruh usaha yang dilakukan untuk memahami cara hidup yang berkembang, dimiliki bersama yang terbentuk banyak unsur tapi bersifat mendasar. ilmu budaya dasar juga mempelajari landasan suatu budaya.

adapun pokok - pokok dalam budaya yaitu :
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional.

tujuan ilmu budaya dasar adalah :
- mempertajam kepekaan manusia terhadap lingkungannya sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan atau profesi mereka.
- memberi kesempatan kepada manusia untuk memperluas pandangan tentang masalah kehidupan dan kebudayaan, agar manusia juga mempunyai pikiran  yang kritis.
- agar manusia dapat berinteraksi dengan orang lain lebih mudah.
- mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
- mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
- sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
- perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
- tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya



sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar