Senin, 11 Oktober 2010

kipas cpu

Pada zaman ini hampir semua orang memakai komputer, tetapi masyarakat hanya mengetahui pemakaian komputer tanpa mengetahui bagian - bagian yang ada didalam komputer tersebut misalnya saja kipas cpu mungkin masih ada saja tidak mengetahui apa perbedaan kipas cpu pada zaman dahulu dan pada zaman sekarang. Disini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan kipas cpu pada zaman dahulu dan zaman sekarang maupun fungsi dari kipas cpu itu sendiri.

Fungsi kipas cpu adalah Untuk mendinginkan komponen tersebut serta untuk menghindari panas yang berlebih maka digunakan kipas dalam komputer, tetapi apabila panas yang dihasilkan tidak dapat diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada beberapa komponen komputer. Meskipun komputer telah dirancang sedemikian rupa, namun kipas pendingin tetaplah diperlukan untuk menangkis panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen komputer. Tetapi fungsi utama kipas cpu adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU.



Pertama saya akan menjelaskan tenyang kipas cpu pada zaman dahulu, nama kipas cpu ini adalah 478, jarum kipas cpu ini terdapat diluar motherboard procesor nya. Kecepatan kipas cpu ini pun agak sedikit lebih lambat dengan kipas cpu zaman sekarang karena kecepatan kipas cpu ditentukan dengan procesor apa yang digunakan pada komputer kita. Kipas cpu ini digunakan untuk procesor windows yang dahulu contoh windows 97.


yang kedua adalah kipas cpu pada zaman sekarang ini, nama kipas cpu ini adalah LGA, jarum kipas cpu terdapat didalam motherboard procesor kopmuter tersebut. Kecepatan kipas cpu ini lebih kuat dari kipas cpu 478. procesor yang menggunakan menggunakan kipas cpu LGA ini adalah windows core2duo, i3, i5, dan i7.

Kipas cpu ini ada yang ori ataupun bukan ori. kipas cpu yang ori tahan panas, kekuatan kipasnya lebih bagus dari segi harga kipas cpu yang orisinil lebih mahal dari pada kipas cpu yang bukan orisinil. harga kipas cpu yang ori berkisar muali dari 75.000 ke atas dan kipas cpu yang bukan ori harga berkisar mulai dari 25.000 .

Mungkin cuma ini yang bisa saya jelaskan  tentang perbedaan kipas cpu dan fungsi kipas cpu, saya mohon maaf  apabila didalam artikel ini terdapat kesalahan dan saya menyadari artikel saya jauh dari kesempurnaan.

1 komentar: