Selasa, 03 April 2012

Gejala Psikopat

Assalamu'alaikum pembacaa....

Kali ini saya akan menulis dengan tema Psikopat, sebenarnya psikopat ini lanjutan dari tulisan mental disoder yang kemarin saya tulis. Dalam bentuk - bentuk dari mental disoder ada psikoneurosa, psikosa, dan psikopat. Nah bentuk mental disoder yang psikopat ini yang saya akan bahas. dalam tulisan ini saya akan menjelasakan Definisi Psikopat dan Simtom - simtom yang muncul. oke mulai aja yuk sekarang penjelasanya.....

Definisi Psikopat

Psikopat adalah bentuk kekalutan mental ditandai dengan tidak adanya pengorganisasian dan pengintegrasian pribadi. Orangnya tidak pernah bisa bertanggung jawab secara moral, dengan adaptasi sosial yang tidak normal, dan selalu berkonflik dengan norma - norma sosial dan hukum, karena sepanjang hayatnya ia hidup dalam "lingkungan sosial yang abnormal dan immoral" yang diciptakan oleh angan - angan sendiri.

Biasanya orang - orang psikopat didalam lingkungan keluarganya minim sekali dan bisa jadi tidak mendapat kasih sayang, bisa jadi apabila individu yang selama 5 tahun tidak mendapatkan rasa nyaman, kehangatan, kelembutan, kemesraan maka untuk selama - lama nya individu akan kehilangan atau tidak sanggup mengembangkan kemampuan menerima dan memberikan cinta kasih terhadap orang - orang lain yang ada disekitarnya, kehilangan perasaan sosial, dan rasa kemanusian. perasaan seorang psikopat juga selalu tidak senang dan tidak puas. 

Karena sudah hilangnya persaan sosial dan rasa kemanusian maka yang ada jiwa seorang psikopat adalah penuh diliputi dengan rasa benci, iri, dendam, curiga, sebal, penolakan dan dituduh. sehingga menimbulkan rasa gelisah, tegang, penuh ketakutan lalu menjadi kacau serta diliputi bayangan fikiran dan perasaan yang kegila-gilaan. Dan setelah itu terjadilah desintegrasi dan disorganisasi kepribadian yang tanpa memiliki rasa sosial dan rasa kemanusian yang wajar.

Simptom - Simptom Psikopat

simptom - simptom yang muncul pada individu psikopat yaitu:
  • Tingkah laku dan relasi sosialnya selalu a-sosial, eksentrik (kegila - gilaan), dan kronis patologis. dia tidak memiliki kesadaran sosial dan integrasi sosial. tingkah lakunya yang stereotip dan fanatik. dan psikopat sangat amat individualistis dan selalu mentang lingkungan kultural.
  • Sikapnya aneh - aneh, dia sering bertingkah laku kasar, bertingkah laku kegilaan, kurang ajar, dan ganas.
  • Dia suka ngeloyor atau membara kemana - mana tanpa tujuan dan membahayakan bagi lingkungan.
  • Pribadinya tidak stabil, tidak bisa dipercaya, dan sikap hidupnya selalu negatif.
  • Ada disorientasi terhadap lingkungannya.reaksi - reaksinya sosiopatik dapat berupa gejala.
  • Dia tidak pernah bisa bersikap loyal terhadap seseorang.
  • Emosinya tidak matang dan lebih sering tidak memakai perasaan dan tidak pernah bisa bertanggung jawab.
  • Sering kali perilakunya dicirikan dengan penyimpangan seksualitas dalam bentuk homoseksualitas, transvestitisme (nafsu patologis untuk memakai pakaian dari jenis kelamin lawannya, dan mendapatkan kepuasan seks dengan memakainya), pedofilia (melakukan sanggam dengan anak kecil), sadisme, pemerkosaan, pembunuhan, dan pengrusakan. 
Setelah mengetahui simptom - simptom psikopat yang sangat membahayakan maka psikopat dapat menjadikan masalah sosial dan bahaya aktual bagi keluarga, lingkungan dekat, dan lingkungan masyarakat.

Mungkin hanya sedikit yang bisa saya jelaskan tentang psikopat semoga dapat menambah wawasan kalian. seperti biasa apabila ada yang kurang jelas bisa langsung comment. terimakasih.................

wassalamu;alaikum....... :) 

 Daftar Pustaka
- Kartono, Kartini. 2000. Hygine Mental. Bandung : Mandar Maju  

1 komentar:

  1. iya ih serem yah..
    untung gw gak termasum sama-sekali di simptomnya alhamdulillah yah...

    BalasHapus