Rabu, 09 Oktober 2013

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia (tugas 2)

  • Pengertian Arsiterktur Komputer
Menurut Maryanto (2012), arsitektur komputer adalah atribut-atriut sistem komputer yang terkait dengan seorang progamer. contoh dari arsitektur komputer adalah set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, dan mekanisme I/Q

Menurut Silvia harlena, arsitektur komputer dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. 
  • Pengertian Struktur Kognitif Manusia
Istilah kognitif berasal dari kata Cognition adalah pengertian, mengerti. secara luas kognitif adalah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan. pada proses kognitif pasti melibatkan aktivitas mental yang menggamarkan pemerolehan, penyimpanan, transformasi, dan menggunakan pengetahuan. 
Menurut piaget pengaruh afeksi dalam perkembangan pemikiran manusia, afeksi menjadi kekuatan pola tingkah laku yang unsur kognitifnya merupakan struktur kognitif. Jean piaget menyebutkan struktur kognitif sebagai skemata atau schemas, yaitu kumpulan dari skema-skema. indvidu dapat memahai dan memberikan respon terhadap stimulus disebabkan karena bekerjanya skemata. Skemata berkembang secara kronologis sebagai hasil interaksi antara individu dengan lingkunganya. Maka dari itu individu yang lebih dewasa memiliki struktur kognitif yang lebih lengkap dibandingkan ketika masih kecil.
  • Kaitan Struktur Kognitif Manusia dengan Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer merupakan salah satu hasil dari kognisi manusia, Proses berfikir manusia dianalogikan pada arsitektur komputer yang terdiri dari pemasukkan informasi (input), pemprosesan informasi (storage), dan pengeluran informasi (output). Pada arsitektur komputer yang menjadi pemeran utama adalah manusia karena manusia yang mampu merangkai alat, membuat program, dan membuat pola sistem informasi. Pada hal ini arsitektur komputer dan struktur kognitf manusia saling melengkapi.

  • Kelebihan dan Kekurangan Arsitektur Komputer dibandingkan Struktur Kognitif Manusia  
Kelebihan 
Komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat, yang pada umumnya tidak mampu dilakukan manusia dengan baik. Contohnya saja manusia diminta untuk menghitung pangkat dari 2,35 maka akan diperlukan waktu beberapa menit untuk mengetahui hasilnya tetapi beda dengan komputer yang bisa memberi jawaban dengan hitungan detik.

Kekurangan 
Komputer tidak melakukan apa yang manusia lakukan seperti menyusus generalisasi, membuat kesimpulan, memahami pola-pola yang kompleks, dan tidak mempunyai emosi. Contoh manusia lebih unggul dari komputer dalam mengenali wajah, komputer dapat mengenali wajah jika wajah itu telah diprogramkan ke dalam databasenya apabila elum memasukkan data ke dalam database maka komputer tidak dapat mengenali wajah. 
  • Contoh Kasus dan analisa 
Kasus
Pada zaman ini teknologi sangat canggih dan hebat. Manusia setiap harinya pasti selalu bergantung dengan teknologi seperti untuk mengerjakan tugas-tugas, hiburan, dan lain-lain. Contohnya saja perkembangan komputer yang sangat cepat, komputer yang awalnya mempunyai bentuk yang sangat besar lalu diminimalkan menjadi monitor tetapi tidak puas juga sehingga dibuat monitor yang flat. setelah flat lalu dibuat lah laptop yang seperti saat ini banyak dipakai.

Analisa
Pada kasus ini terjadi proses kognisi manusia, dimana awalnya komputer yang memiliki ukuran sangat besar dan hanya untuk menghitung semakin berkembangnya zaman kognisi manusia juga berkembang sehingga manusia merasakan adanya kebutuhan lain selain komputer berfungsi untuk menghitung dan dianggapnya ukurannya terlalu besar yang memakan tempat jadi manusia membuat komputer dengan bentuk sedang yaitu monitor yang berfungsi memasukan data sehingga tidak hanya untuk menghitung. Setelah membuat monitor ternyata manusia merasa kurang puas juga dan dianggap belum bisa memenuhi kebutuhan yang semakin banyak sehingga manusia membuat komputer dengan bentuk kecil yang dapat dibawa kemana-mana dan mempermudahkan pekerjaan, hemat, dan tidak makan tempat.

Sumber :
  • Materi arsitektur komputer Silvia Harlena, S.kom Universitas Gunadarma
  • Materi psikologi kognitif Quroyzhin Kartika Rini, Spsi, Mpsi Universitas Gunadarma 
  • Suparno, P. Teori perkembangan kognitif jean piaget. Yogyakarta: Kanisius
  • Solso, R.L.1991.  Cognitive Psychology. 3rd edition.  Massachusetts : Allyn & Bacon 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar